Antusias Warga Luar Biasa, KPM Mahasiswa FT UIS Sukses Terlaksana

FT UIS – 12 kelompok mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Ibnu Sina (UIS) yang terbagi ke dalam 3 RW menjalankan berbagai program kerja andalan mereka masing-masing pada Sabtu (04/06/2022).

Sosialisasi di sekolah-sekolah tak luput dari program kerja wajib bagi mahasiswa KPM FT UIS. Berbagai informasi dan edukasi disampaikan guna menambah wawasan murid-murid SD, SMP hingga SMA sederajat yang merupakan generasi gemilang penerus bangsa.

Salah satu sekolah yang dikunjungi ialah SMK Perkapalan Hang Tuah Tanjung Uban. Kelompok 2 selaku yang mengagendakan program kerja di sekolah tersebut mengusung tema mengenai “entrepreneurship” yang bertujuan untuk mengenalkan dasar/konsep menjadi entrepreneur yang baik dan sukses.

Pelatihan lainnya seperti pemanfaatan serai merah, tanaman hidroponik, pengolahan sampah organik, pengolahan limbah kelapa, arang briket hingga pembuatan produk dengan memanfaatkan limbah atau bahan ramah lingkungan.

Tujuan program kerja ini sendiri adalah untuk memberikan diseminasi terkait pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) setempat agar memiliki nilai tambah bahkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di kelurahan Tanjung Uban Utara. Salah satu produk yang sangat digandrungi ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah pembuatan Tas Ramah Lingkungan dan pengolahan limbah kelapa menjadi Pot Bunga Serabut.

Riri Handayani, mahasiswa KPM kelompok 8 menceritakan besarnya antusias ibu-ibu PKK RW 1 yang sangat bersemangat mengikuti program kerja mereka, namun sangat disayangkan masa KPM mahasiswa waktunya sangat terbatas.

“Alhamdulillah antusias dari ibu-ibu PKK setempat sangat luar biasa dalam berpartisipasi di setiap program-program kegiatan yang dilaksanakan oleh kami sebagai anggota kelompok maupun panitia. Tadi (praktek pembuatan tas ramah lingkungan) harusnya sudah selesai, tapi ibu-ibunya masih mau lanjut lagi (praktek) besok. Katanya terlalu singkat (masa KPM) buat praktek masih mau lanjut,” terang Riri bersemangat.

Pemilihan lokasi KPM ini menurut Jamal Ardila sangat apik karena partisipasi dan kerjasama dari warga setempat sangat baik kepada mahasiswa KPM.

“Dari kami sendiri berterima kasih kepada panitia yang telah memilih lokasi di Tanjung Uban Utara ini. Terima kasih juga kepada para petinggi wilayah dan warga-warganya yang udah support kita dan sangat welcome kepada mahasiswa KPM FT UIS,” ungkap Jamal salah satu mahasiswa KPM dari kelompok 3.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top