FT UIS Sambangi FT UGM: Dorong Pengembangan Institusi Melalui Studi Banding

FT UIS, Yogyakarta – Rombongan Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (FT UIS) melakukan kunjungan studi banding ke Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM) pada Jumat (28/06/2024) di Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas implementasi program kerjasama yang telah disepakati sebelumnya antara kedua institusi.

Rombongan studi banding yang dipimpin langsung oleh Dekan FT UIS, Dr. Ir. Larisang, MT., IPU, diterima baik oleh jajaran pimpinan FT UGM di kampus mereka di Yogyakarta. Pertemuan ini menandai langkah konkret dalam merealisasikan kerjasama strategis antara kedua fakultas teknik.

Dalam diskusi, kedua pihak membahas berbagai aspek kerjasama, termasuk pelaksanaan kuliah tamu dan kuliah pakar, pengujian dan pembimbingan tugas akhir, pendampingan penelitian dan pengabdian masyarakat, serta kolaborasi dalam publikasi ilmiah.

Dr. Larisang menyampaikan harapannya terkait kerjasama ini, “kami berharap FT UGM dapat menjadikan FT UIS sebagai binaan sehingga dapat tumbuh berkembang menjadi kampus terkemuka sebagaimana kemajuan yang telah dicapai oleh FT UGM dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya dari kecil tumbuh menjadi besar.”

Menanggapi hal tersebut, Prof. Ir. Selo, ST., MT., M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN Eng., selaku Dekan FT UGM, memaparkan berbagai program unggulan yang sedang dijalankan di fakultasnya. Diskusi tidak hanya terbatas pada aspek akademis, tetapi juga menyentuh aspek pendanaan yang vital untuk menyokong berbagai inisiatif yang akan dilakukan dalam kerjasama. Prof. Selo menekankan bahwa transparansi anggaran merupakan hal yang esensial dan perlu dibahas secara terbuka untuk mendukung keberhasilan program-program tersebut.

Pertemuan ini sejalan dengan program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia melalui kerjasama antar perguruan tinggi.

Implementasi program kerjasama antara FT UIS dan FT UGM diharapkan dapat membuka peluang baru bagi mahasiswa dan dosen kedua institusi, serta berkontribusi pada kemajuan pendidikan teknik di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top