Kelola Bibit Entrepreneur Muda Mulai Dari Kampus, FT UIS Gelar Workshop kewirausahaan Bersama Pengelola IBC Universitas Gunadarma

FT UIS – Dalam rangka implementasi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sekaligus implementasi kerjasama Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (FT UIS) dengan Universitas Gunadarma (UG), Program Studi Teknik Informatika FT UIS menggelar Workshop Kewirausahaan  pada Senin (16/09/2023).

Workshop yang mengangkat tema Meningkatkan Pengetahuan Dosen Terhadap Inkubator Bisnis dengan Memanfaatkan Teknologi itu menggandeng narasumber yang merupakan pengelola dari IBC UG (Incubator Business Center Universitas Gunadarma), yaitu  Dr. Ernianti Hasibuan, S.Kom., M.Sc dan  Evans Winanda Wirga, ST., MMSI.


Inkubator Bisnis berbasis teknologi dalam lingkup Perguruan Tinggi merupakan wadah inkubasi bisnis yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan bisnis yang ada di masyarakat dan perguruan tinggi, berupa penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi yang mengarah sebagai profit center.

Army Trilidia Devega, S.Kom., M.Pd.T selaku Ketua Pelaksana Workshop ini mengatakan bahwa akhir dari workshop ini dapat membuat inkubator bisnis di FT yang berorientasi dari dan untuk mahasiswa itu sendiri.

Dekan FT UIS, Dr. Ir. Larisang, MT., IPM, dalam sambutannya mengatakan FT UIS baru akan memulai kegiatan Inkubator Bisnis, sehingga momen implementasi hibah berupa workshop kewirausahaan ini menjadi sangat baik untuk dijadikan referensi atau acuan dalam pembinaan dan pengembangan Inkubator Bisnis di FT UIS nantinya.


Ia berharap Inkubator Bisnis yang akan dimulai dari mahasiswa ini tidak sebatas sampai mahasiswa mampu mandiri kemudian dilepas, harapannya mahasiswa akan terus di backup hingga tumbuh dan berkembang untuk selamanya.
“Mudah-mudahan dari upaya-upaya pembangunan inkubator ini dapat melahirkan startup yang dimulai dari mahasiswa, tumbuh dan berkembang sehingga nantinya wirausaha ini dapat mereka geluti secara terus menerus,” harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam pengelolaan Inkubator Bisnis ini dibutuhkan pembinaan dan pengelolaan secara profesional, maka diharapkan kepada seluruh dosen khususnya dapat memperhatikan dan memahami materi workshop ini dengan baik agar implementasi materi yang diajarkan nantinya dapat membantu FT UIS sebagai pemula.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top