Sejarah YAPIS

Sejarah Yayasan Pendidikan Ibnu Sina batam

Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) didirikan pada tanggal 27 Rajab 1397 H bertepatan dengan tanggal 14 Juli 1977 M sebagai sambutan umat Islam setempat terhadap rencana Pemerintah Republik Indonesia untuk menjadikan Pulau Batam sebagai Pusat Pengembangan Industri, Perdagangan dan Pariwisata. Sejak itu YAPIS telah mengayunkan langkah demi langkah sesuai dengan kemampuan dan kepercayaan masyarakat yang diamanatkan kepadanya untuk mendirikan dan membina sekolah – sekolah dari tingkat yang paling rendah sampai ke tingkat perguruan tinggi, dalam segala bentuk dan Program Studi secara bertahap.

Sejak itu YAPIS telah mengayunkan langkah demi langkah sesuai dengan kemampuan dan kepercayaan masyarakat yang diamanatkan kepadanya untuk mendirikan dan membina sekolah – sekolah dari tingkat yang paling rendah sampai ke tingkat perguruan tinggi, dalam segala bentuk dan Program Studi, secara bertahap.

Pada 8 Januari 1978 M, Resmilah didirikan SD Ibnu Sina, dan telah menamatkan pada tahun 1982 M, Pada Tahun 1983 YAPIS baru mendirikan Pendidikan TK Ibnu Sina, pada tahun 1984 mendirikan SMP Ibnu Sina, Dua tahun kemudian mendirikan SMEA pada Tahun 1986 M.

Tahun 1988 YAPIS telah memikirkan untuk mendirikan perguruan tinggi ibnu sina yang telah disampaikan oleh H. Andi Ibrahim sehingga pada tahun 1993 resmilah berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ibnu Sina pada 10 Mei 1993 M, selanjutnya di tahun 1998 kembali didirikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina, Kemudian pada Tanggal 28 September 2001 Ketua Umum YAPIS mendirikan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina, dan pada tanggal 19 Juni 2008 M resmi didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.

Kemudian pada Tahun 2009 sesuai akta Notaris dan KEMENKUMHAM Yayasan Ibnu Sina (YAPIS) telah resmi berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam ( YAPISTA ) dan hingga saat ini dan hingga saat ini YAPISTA menaungi pendidikan dari TK (Lubuk Baja), SD (Lubuk Baja), SD (Kabil) , SMP (Lubuk Baja) , SMP (Kabil), SMK (Lubuk Baja) dengan 5 jurusan (Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Teknik Informatika (RPL), Otomotif (TKR) , hingga Perguruan Tinggi:

  1. STIE (Manajemen dan Akuntansi)
  2. STAI (Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan Tarbiah)
  3. STT (Teknik Informatika dan teknik industri)
  4. STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan)

STT Ibnu Sina Batam
Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam didirikan pada tanggal 28 September 2001 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor : SK. 204/D/O/2000. STT Ibnu Sina Batam adalah salah satu bentuk perguruan tinggi yang mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi yakni melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam pendidikan tinggi. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi yang mandiri, Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina Batam merupakan bagian dari sistem pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kepemimpinan di STT Ibnu Sina batam telah mengalami pergantian dalam 3 periode:

  • Periode 2001 sd 2005 dipimpin oleh Ir. Zaenal
  • Periode 2005 sd 2009 dipimpin Oleh Ir Anwar Badruzaman, MT
  • Periode 2009 sd 2012 dipimpin oleh Ir. Anwar Badruszaman, MT
  • Periode 2012 sd 2017 dipimpin oleh Ir. Larisang, MT
  • Periode 2017 sd 2019 dipimpin oleh Ir. Larisang, MT, IPM

Fakultas Teknik (FT)
Kemudian seiring dengan perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai oleh Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam (YAPISTA), berdasarkan hasil musyawarah pengurus yayasan bersama para pimpinan sekolah tinggi (STT, STIE, STIKes dan STAI) bersepakat untuk melakukan perubahan bentuk menjadi universitas, dan Alhamdulillah berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor : 781/KPT/I/2019 tanggal 27 Agustus 2019 Universitas Ibnu Sina resmi berdiri dipimpin oleh Rektor bpk Dr. H. Mustaqim Syuaib, MM dengan tiga Fakultas yakni Fakultas Teknik (FT) dipimpin oleh Dekan bpk Dr. Ir. Larisang, MT, IPM,. Fakultas Ekonomi dan Bisnis dipimpin oleh Dekan bpk Dr. Sabri, MM dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) dipimpin oleh Ibu Fitri sari Dewi, MKKK. Fakultas teknik saat ini memiliki dua program Studi yaitu: Teknik Industri dan Teknik Informatika masing masing terakreditasi Baik Sekali (B).

Demikian sekilas sejarah Yayasan pendidikan Ibnu Sina dan Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina Batam.

Scroll to Top
Scroll to Top